51.
MANQOBAH KELIMA PULUH SATU : WASIAT SYEKH ABDUL QODIR KEPADA PUTRANYA ABDUL
ROZAK
Syekh Abdul Qodir telah berwasiat kepada putranya
yang bernama Abdul Rozak. Beberapa wasiatnya di antaranya:
"Wahai anakku, semoga Alloh senantiasa
melimpahkan taufik dan hidayahNya bagimu dan segenap kaum muslimin. Wahai
Ananda, ayah berwasiat bertakwalah kepada Alloh, pegang syara’ dan laksanakan
dengan sebaik-baiknya dan pelihara pula batas-batas agama. Ketahuilah bahwa thorekatku
dibangun berdasarkan al-Qur'an dan sunnah Rosululloh SAW. Hendaknya kamu berjiwa bersih, dermawan, murah
hati, dan suka memberi pertolongan kepada orang lain dengan jalan kebaikan. Kamu
jangan bersikap tegar hati atau berlaku tidak sopan. Sebaiknya kamu bersikap
sabar dan tabah menghadapi segala ujian dan cobaan, serta musibah yang
dihadapimu. Hendaknya kamu bersikap suka mengampuni kesalahan orang lain, dan
bersikap hormat pada sesama ikhwan dan semua fakir miskin. Jaga dan pelihara
olehmu kehormatan guru-guru, dan berbuat baiklah jika kamu bertemu dengan orang
lain, beri nasihat yang baik bagi orang-orang besar tingkat kedudukannya,
demikian pula bagi masyarakat kecil di bawahmu. Jangan dibiasakan suka
berbantah-bantahan dengan orang lain, kecuali dalam masalah agama. Ketahuilah
bahwa hakikat kemiskinan secara agama berupa ketidak butuhan akan ciptaan,
semisal diri. Tasawuf dicapai lewat kelaparan dan pantangan dari hal-hal yang
disukai dan dihalalkan, dan pribadi yang bersikap tidak banyak bicara apalagi
besar mulut. Jika kamu berhadapan dengan orang miskin, jangan berpintar diri.
Jangan dimulai dengan ilmu, sebab unjuk ilmu membuatnya tak senang, dan ia akan
jauh darimu. Sebaliknya, hendaklah dimulai dengan kasih sayang, bersikap lembut
karena kelembutan membuatnya senang dan lebih dekat padamu.
Tasawuf itu dibangun di atas kerangka landasan yang
kokoh pada delapan hal yakni :
1) kedermawanan;
2) rido / pasrah, merasa senang menghadapi kegetiran
qodo dan qodar;
3) sabar;
4) isyarat /memberi petunjuk;
5) mengembara / melanglangbuana;
6) berbusana wool/bulu;
7) pelintas rimba belantara / rimbawan; dan
8) fakir / bersahaja, sederhana.
Kedelapan nilai moral itu telah dimiliki oleh:
1) kedermawanan Nabi Ibrahim as;
2) keridoan, kepasrahan Nabi Ishak as;
3) kesabaran Nabi Ayub as;
4) isyaratnya Nabi Zakaria as;
5) berlanglangbuana seperti Nabi Yusuf as;
6) berbusana wool seperti Nabi Yahya as;
7) rimbawannya Nabi Isa as; dan
8) kefakiran, kesederhanaan Nabi Muhammad SAW.
Bila kamu berkumpul bersama-sama dengan orang kaya,
perlihatkan kegagahan dan keberanianmu, namun sebaliknya perlihatkan kerendahan
hati bila kamu berkumpul dan bergaul dengan orang miskin.
Hendaknya kamu mengikhlaskan diri dalam setiap laku
perbuatan, dan kegiatan. Seharusnya bermudawamah dzikrullah, artinya tiada
putus-putusnya mengingat Alloh.
Kamu jangan berprasangka buruk kepada Alloh dalam
segala situasi dan kondisi apapun. Demikian pula harus berserah diri kepada
Alloh dalam segala tindak perbuatan. Jangan menggantungkan diri kepada orang
lain, percayalah kepada kemampuan dirimu sendiri, baik terhadap keluarga maupun
teman sejawat.
Layani, dan selalu perhatikan para fakir miskin,
terutama dalam tiga hal yakni: pertama, bersikap tawadu (merendahkan diri); kedua
berbudi pekerti yang baik dan mulia, dan ketiga, kebeningan hati, dan mengekang
hawa nafsu, agar kelak kamu menjadi hidup.
Perhatikan olehmu, bahwa yang paling dekat kepada
Alloh ialah orang yang berbudi·pekerti yang luhur. Dan amal yang paling utama,
ialah memelihara hati dari melirik kepada yang lain, selain hanya kepada Alloh
saja. Bila kamu bergaul bersama orang
miskin berwasiatlah dengan jalan kebenaran dan kesabaran.
Tentang masalah dunia, kiranya cukup bagimu dua hal
:
pertama bergaul dengan orang miskin, kedua menghormati wali. Selain dari pada Alloh, segala sesuatu itu
jangan dipandang cukup, menyerang di bawahmu adalah pengecut, berlagak gagah
terhadap sesama, adalah lemah, dan berlaku sombong kepada orang yang lebih
tinggi kedudukannya, menunjukkan ketidaksopanan. Ketahuilah, bahwa Tasawuf dan
fakir merupakan dwi tunggal kebenaran yang hakiki, bukan bercanda atau
main-main. Oleh karena itu jangan dicampur dengan bercanda.
Sekianlah wasiat ayahanda padamu. Semoga Alloh
senantiasa melimpahkan taufik dan hidayah-Nya padamu dan pada murid-muridku
atau siapapun yang mendengar wasiat yang disampaikan ini, semoga dapat
mengamalkannya dengan diiringi keagungan dan syafaat jungjungan kita Nabi
Muhammad SAW., Amin Ya Robbal ‘alamin".
***alloohhummansyur 'alaihhi rohmataw waridlwaana waamiddana bi asrorihhi fii kulli waqti wamakaan.
***
53. MANQOBAH KELIMA PULUH TIGA: SYEKH ABDUL QODIR WAFAT
Menjelang akhir hayat Syekh, malaikat Izroil datang
mengunjungi Syekh di kala matahari akan terbenam ke peraduannya. Malaikat
Izroil itu datang membawa surat
dari Alloh SWT. Buat Syekh dengan alamat sebagai berikut:
"Yashilu Hadzal Maktuubu Minal Muhibbi Ilal
Mahbubi (Surat ini
dari Dzat Yang Maha Pengasih disampaikan kepada wali yang dikasihi)".
Kemudian surat
tersebut diterima oleh putranya yang bernama Sayyid Abdul Wahab.
Setelah diterima, masuklah dia bersama malaikat
Izroil, sebelum surat
dihaturkan kepada Syekh, beliau sudah mengerti bahwasanya beliau akan pindah ke
alam 'uluwi, alam tinggi yakni meninggal dunia.
Syekh berkata kepada putra-putranya: "Jangan
terlalu dekat, supaya menggeser agak jauh, karena lahiriahnya aku bersama-sama
dengan kamu, sedang batiniahnya aku bersama dengan selain kamu, dan supaya
diperluas ruang ini, karena hadir selain daripadamu, tunjukkan sopan santunmu.
Siang dan malam harinya, tak henti-hentinya beliau
mengucapkan:
"Wa 'alaikus Salam Warahmatullahi wabarakatuh
Gofarollohu Lii Walakum, Taa-ballahu alaiyya wa alaikum. Bismillahi gaeri
Muu-di-'ina".
Dan membaca:
" Wadkhuluu fi shaffi-l awwali. Idzan ajii-u
Ilaikum. Rifqon Rifqon Wa 'alaikumussalaam Ajiu Ilaikum".
Dan dibaca:
"Qifuu Ataa—hul Haqqu Wa Sakaratul Mauti".
Beliau berpesan: "Jangan ada yang menanyakan
apapun kepadaku, karena aku sedang bolak-balik dalam lautan ilmunya
Alloh", lalu dibacakan :
"Ista'antu Bi Laa ilaaha illallohu, Subhanahuu
Wata'ala Wal Muhyil-ladzi Laa Yakhsyal Fautu. Subhaana Man taaz-zaza Bil
Qudrati Waqahri ’Ibaa-dahu Bil Mauti La Ilaa-ha Illallohu, Subhaa-nahu
Wata'alaa Walhayyil-ladzi La Yakhsal gautsu, Subhaana Man taaz-zaza Bil
Qudrotika Waqohri 'ibaa-dahu Bil Mauti Laa i1aa-ha illallohu Muhammadur
Rosulullohil Taaz-zaza. Ta‘az-zaza, Allohu, Allohu, Allohu".
Terdengar suaranya nyaring, lalu suara lembut tidak
terdengar lagi, dan meninggallah. Ridwanallahu ‘Anhu.
Syekh wafat pada malam Senin ba‘da lsya. pada tanggal 11 Rabi'ul Akhir tahun 561 Hijriyah (1166 Masehi ) pada usia 91 tahun.
Syekh wafat pada malam Senin ba‘da lsya. pada tanggal 11 Rabi'ul Akhir tahun 561 Hijriyah (1166 Masehi ) pada usia 91 tahun.
***
alloohhummansyur 'alaihhi rohmataw waridlwaana waamiddana bi asrorihhi fii kulli waqti wamakaan.
***
alloohhummansyur 'alaihhi rohmataw waridlwaana waamiddana bi asrorihhi fii kulli waqti wamakaan.
***
54.
MANQOBAH KELIMAPULUH EMPAT : SYEKH ABDUL QODIR BERTEMU DENGAN WALI PEMBIMBING
SYEKH HAMAD WALI BESAR PADA ZAMANNYA BELIAU
Selama belajar di Bagdad,
karena sedemikian jujur dan murah hati, beliau mesti tabah menderita. Berkat
bakat dan kesalehannya, beliau cepat menguasai ilmu pada masa itu. Beliau
membuktikan diri sebagai ahli hukum terbesar di masanya. Tetapi kerinduan
rohaniah yang mendalam dalam gelisah ingin mewujudkan diri. Bahkan dalam masa
mudanya tenggelam dalam belajar. Beliau gemar mujahadah yakni penyaksian
langsung akan segala kekuasaan dan keadilan Alloh melalui mata hatinya.
Beliau sering berpuasa dan tidak mau meminta makanan
dari seseorang, meski harus pergi berhari-hari tanpa makan. Di Bagdad beliau
sering menjumpai orang-orang yang berpikir secara rohaniah dan bergaul dengan
mereka.
Dalam masa pencarian inilah beliau bertemu dengan
Syekh Hamad, seorang penjual sirup yang merupakan wali besar pada zamannya. Lambat
laun wali ini menjadi pembimbing rohani Syekh Abdul Qodir. Syekh Hamad adalah
seorang wali yang sangat keras, karenanya diperlakukan sedemikian keras sufi
yang sedang tumbuh ini. Namun calon Ghaots ini menerima semua ini sebagai
koreksi bagi kecacatan rohaninya.
***
alloohhummansyur 'alaihhi rohmataw waridlwaana waamiddana bi asrorihhi fii kulli waqti wamakaan.
***
alloohhummansyur 'alaihhi rohmataw waridlwaana waamiddana bi asrorihhi fii kulli waqti wamakaan.
***
55.
MANQOBAH KELIMA PULUH LIMA
: SYEKH ABDUL QODIR DENGAN LATIHAN-LATIHAN ROHANINYA
Setelah menyelesaikan studinya, beliau kian keras terhadap dirinya. Beliau mulai mematangkan diri dari semua kebutuhan dan kesenangan hidup. Waktu dan tenaganya tercurah pada sholat dan membaca al-Qur‘an. Sholat demikian menyita waktunya sehingga beliau sering sholat Subuh tanpa berwudu lagi karena belum batal.
Setelah menyelesaikan studinya, beliau kian keras terhadap dirinya. Beliau mulai mematangkan diri dari semua kebutuhan dan kesenangan hidup. Waktu dan tenaganya tercurah pada sholat dan membaca al-Qur‘an. Sholat demikian menyita waktunya sehingga beliau sering sholat Subuh tanpa berwudu lagi karena belum batal.
Diriwayatkan pula, beliau kerap kali tamat membaca
al-Qur'an dalam satu malam. Selama latihan rohaninya ini, dihindarinya
berhubungan dengan manusia, sehingga beliau tidak bertemu atau berbicara dengan
seorang pun. Bila ingin berjalan-jalan, beliau berkeliling padang pasir. Akhirnya beliau tinggalkan
Bagdad dan menetap di Syutsar, l2 hari perjalanan dari Bagdad.
Selama sebelas tahun beliau menutup diri dari keramaian dunia. Akhir masa ini
menandai berakhirnya latihannya. Beliau menerima Nur yang dicarinya. Dari sifat
kehewanannya kini telah digantikan oleh wujud mulianya.
***
alloohhummansyur 'alaihhi rohmataw waridlwaana waamiddana bi asrorihhi fii kulli waqti wamakaan.
***
56. MANKOBAH KELIMA PULUH ENAM: SYEKH ABDUL QODIR MELAKSANAKAN KEGIATAN IBADAHNYA DAN WIRID
alloohhummansyur 'alaihhi rohmataw waridlwaana waamiddana bi asrorihhi fii kulli waqti wamakaan.
***
56. MANKOBAH KELIMA PULUH ENAM: SYEKH ABDUL QODIR MELAKSANAKAN KEGIATAN IBADAHNYA DAN WIRID
YANG BELIAU BACA Diriwayatkan, para ulama
menerangkan bahwa Syekh Abdul Qodir mempunyai murid yang tetap sebanyak enam
puluh orang. Mereka belajar tiap hari, bagi mereka yang tidak mempunyai pena
Syekh memberi hadiah baginya, dan mereka yang ingin mempunyai sejarah silsilah
guru, beliau sendiri yang menulisnya. Apabila beliau batal dari wudu, beliau
melaksanakan mandi wajib pengganti wudu. Pernah terjadi pada suatu malam beliau
menderita sakit perut, sampai lima
puluh kali beliau bolak-balik pergi ke kakus untuk qodo hajat, dan setiap balik
itu selalu beliau melaksanakan mandi wajib. Adakalanya beliau langsung sendiri
pergi ke pasar berbelanja untuk makanan fakir miskin, hal ini kalau terlihat
pelayannya sedang istirahat. Syekh tidak merasa canggung bekerja seperti
menumbuk, memasak makanan lalu membagikannya kepada fakir miskin. Syekh sangat
menghormati para penziarah yang datang berkunjung kepada beliau. Jarang sekali
beliau makan daging atau makan makanan yang serba enak dan mewah. Pribadi beliau
sangat tawadu, ikhlas lillahi ta’ala. Beliau sering berbelanja ke pasar untuk
memenuhi keperluan dan permintaan keinginan anak-anak. Karomah beliau jarang
diperlihatkan atau dipamerkan kepada umum, malah seringkali disembunyikan.
Pernah beliau berkata: "Barang siapa yang memperlihatkan, memamerkan
karomah, tiada lain ia hanya mengharapkan duniawiyahnya saja, kecuali kalau
diperintah Alloh, atau karena motivasi hikmah". Pada setiap hari beliau
melaksanakan sholat sunnat seribu rokaat banyaknya, yang dibaca surat Mujammil, Surat
Rohman. Bila membaca surat
Al-lkhlas sekurang-kurangnya dibaca seratus kali. Setiap melaksanakan sholat
fardu diakhiri dengan khatarn al-Qur'an. Tiap malam beliau membaca Asma
Arbainiyyah enam ratus kali banyaknya, demikian pula pada siang harinya. Seusai
sholat Duha, sholat Asar, dan ba’da sholat Tahajud beliau membaea doa Saefi,
lalu beliau membaca Sholawat Kubro, Asmaul Husna. Asmaun Nabawi, dan setiap
bacaan sebanyak seribu kali.
***
alloohhummansyur 'alaihhi rohmataw waridlwaana waamiddana bi asrorihhi fii kulli waqti wamakaan.
***
57. MANQOBAH KELIMA PULUH TUJUH : SYEKH NAQSYABANDI MENERIMA TALKIN ZIKIR ISMUDZAT DARI SYEKH ABDUL QODIR
alloohhummansyur 'alaihhi rohmataw waridlwaana waamiddana bi asrorihhi fii kulli waqti wamakaan.
***
57. MANQOBAH KELIMA PULUH TUJUH : SYEKH NAQSYABANDI MENERIMA TALKIN ZIKIR ISMUDZAT DARI SYEKH ABDUL QODIR
Syekh Abdullah Al Balko meriwayatkan dalam kitab
Khawariqul Ahtab Fi Ma'rifatil Akhtob pada bab kedua puluh lima:
"Saya menerima berita dari Khowajaki
Sarmasat, ia
mendengar pembicaraan guru-guru (para Syekh Kamilin) yang bertempat tinggal di
negara Bukhori, mereka menceritakan bahwa Syekh Abdul Qodir Ghaotsal 'Adhom
pada suatu hari beliau berdiri diatas pagu, loteng sebuah rumah menghadap ke
arah kawasan Bukhoro. Di sana beliau
bersama-sama dengan jamaah ikhwan, beliau mencium wangi kemuliaan, lalu Syekh
berkata: "Nanti sepeninggalku, pada masa seratus lima puluh tujuh tahun yang akan datang, akan
lahir seorang anak lelaki Qolandi Muhamadi, nama lengkapnya Syekh Bahauddin
Muhammad An-Naqsyabandi. Dia akan memperoleh limpahan nikmat
keistimewaanku", dan hal ini terbukti seperti apa yang dikatakan Syekh.
Diriwayatkan pula, pada waktu Syekh Naqsyabandi setelah
beliau menerima baiat pentalkinan dari gurunya As-Sayyid Amir Kulal, gurunya
memerintahkan kepada Syekh Naqsyabandi agar thorekatnya itu dihayati dengan
sungguh-sungguh, dengan menguatkan ingatannya kepada lsmul 'Adhom. Dirasakan
oleh beliau bahwa Ismu Dzat itu masih labil, belum mantap dalam hatinya,
sehingga timbul rasa cemas, lalu berangkatlah menuju suatu lapangan, kebetulan
di sana beliau bertemu dengan Nabi Khidir a.s. Setelah disambut dengan ucapan
salam, Nabi Khidir a.s. berkata: "Wahai Bahauddin, sesungguhnya Ismu Dzat
itu telah sampai padaku, telah kuperoleh dari Syekh Abdul Qodir, oleh karena
itu saya anjurkan padamu agar kami bertawajjuh rabithoh kepada Syekh Abdul
Qodir untuk memperoleh keberkahannya". Pada malam harinya, Syekh Bahauddin
mimpi bertemu dengan Syekh Abdul Qodir, langsung beliau memberi isyarat dengan
jari tangan kanannya ke arah dada Syekh Bahauddin, lalu beliau mencap mentalkin
lsmul 'Adhom itu pada hatinya. Setelah ditalkin, terasa kemantapan dan bisa
menghayati sesuatu yang dicemaskan tadi. Keesokan harinya telah dikenal di
kalangan masyarakat di tempat itu hal yang telah dialami Syekh Bahauddin, lalu
mereka menanyakannya. Syekh Bahauddin menjawab: "Sesungguhnya ini suatu
pelimpahan dari segala kelimpahan suatu inayah, pada malam keberkahan itu, saya
telah memperoleh limpahan kenikmatan dari Gaotsal 'Adhom dan pada malam itu
saya melihat bertambahnya peningkatan kondisi mental kerohanianku".
Pada masa itu telah mashur di kalangan masyarakat
dan para wali bahwa Syekh Bahauddin telah dicap Ismudzat pada hatinya oleh
Syekh Abdul Qodir. Demikian pula halnya Syekh Abdul Qodir mencap, mentalkin
lsmul 'Adhom (Ismu Dzat) pada hati murid-muridnya.
Kemudian banyak para wali yang datang berkunjung
kepada Syekh Bahauddin, mereka menanyakan tentang pandangannya atas perkataan
Syekh Abdul Qodir: "Qodamii ‘Alaa Roqobati Kulli Waliyulloh". Syekh
Bahauddin menjawab "Sesungguhnya menurut pandanganku beliau itu bukan
hanya sekedar memijak pundak, tapi "’Alaa ‘aeni au ’alaa Bashirotti
(Memijak pada mataku atau pada mata hati nuraniku)".
***
alloohhummansyur 'alaihhi rohmataw waridlwaana waamiddana bi asrorihhi fii kulli waqti wamakaan.
***
DOA MANQOBAH
alloohhummansyur 'alaihhi rohmataw waridlwaana waamiddana bi asrorihhi fii kulli waqti wamakaan.
***
DOA MANQOBAH
ilà hadlroti sulthònul auliyå-i wa qudwatil
ashfiyà-i quthbir robànì wal ghoutsush shomadànì sayyidì assayyid 'abdul qòdir
aljailànì -alfàtihah-
allòhhumma sholli wa sallim 'alà sayyidinà wa
habìbìna wa syafi'ìnà wa maulànà muhammadiw wa 'alà àlihhì wa ashhàbihhì
ajma'ìna.
-àmìn-
allòhhumma bi asmà-ikal husnà wa bi-asmà-i nabiyyikal mushthofà wa bi-asma-i waliyyika 'abdul qòdiril mujtabà thohhhir qulùbanà ming kulli washfiy yubà'idunà 'ang musyàhhadatika wa mahabbatika wa amitnà 'alàs sunnati wal jamà'ati wa syarrih bihhà shudùronà wa yassir bihhà umùronà wa farij bihhà hhumùmanà waksyif bihhà ghumù manà waghfir bihhà dzunùbanà waqdli bihhà duyùnanà wa ashlih bihhà ahwàlanà wa balligh bihhà åmàlanà wa taqobal bihhà taubatanaa waghshil bihhà haubatanà wangshur bihhà hujjatanà waj 'alnà bihhà minal muttabi'ìna lisyarì'ati nabiyyikal muttashifìna bimahabbatihhìl muhtadìna bihhadyihhì wa sìrotihhì wa taffanà bihhà 'alà sunnatihhì wa là tahrimnà fadl-la syafà'atihhì wahsyurnà fì zumrotihhì wa atbà'ihhìl ghurril muhajjalìna wa asy-yà'ihhis sàbiqìna wa ash-hàbihhil yamìni yå arhamar ròhimìna.
allòhhumma bi asmà-ikal husnà wa bi-asmà-i nabiyyikal mushthofà wa bi-asma-i waliyyika 'abdul qòdiril mujtabà thohhhir qulùbanà ming kulli washfiy yubà'idunà 'ang musyàhhadatika wa mahabbatika wa amitnà 'alàs sunnati wal jamà'ati wa syarrih bihhà shudùronà wa yassir bihhà umùronà wa farij bihhà hhumùmanà waksyif bihhà ghumù manà waghfir bihhà dzunùbanà waqdli bihhà duyùnanà wa ashlih bihhà ahwàlanà wa balligh bihhà åmàlanà wa taqobal bihhà taubatanaa waghshil bihhà haubatanà wangshur bihhà hujjatanà waj 'alnà bihhà minal muttabi'ìna lisyarì'ati nabiyyikal muttashifìna bimahabbatihhìl muhtadìna bihhadyihhì wa sìrotihhì wa taffanà bihhà 'alà sunnatihhì wa là tahrimnà fadl-la syafà'atihhì wahsyurnà fì zumrotihhì wa atbà'ihhìl ghurril muhajjalìna wa asy-yà'ihhis sàbiqìna wa ash-hàbihhil yamìni yå arhamar ròhimìna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar